Berikut ini langkah-langkah yang bisa temen2 lakuin buat naikin performa motor satria FU kalian, pengin kan motor kamu lbh agresif dijalanan…
1. Langkah pertama yg paling gampang, ganti Pilot jet dengan ukuran 17.5, bisa pake punya shogun lama.
2. Lepas paking kepala silinder, pake 1 lapis aja yang tengah, langkah ini berarti naikin rasio kompresi dari standarnya 10,2 menjadi sekitar 11,4. Klo mau naikin kompresinya lebih tinggi lagi, paking blok bawah bisa dilepas dan ga usah pake paking, cukup pake lem paking aja (yang atas tetep pake 1 paking), trik ini dah dicoba mekanik jogja dan terbukti piston gak tabrakan dengan klep ataupun ada kebocoran oli.
3. Porting lubang in & out. Lubang in dan out masing-masing di gedein diameternya 1 mm, hilangkan kulit jeruknya tapi jangaan terlalu halus.


6. Lepas saringan udara (klo dah ganti karbu), yang dilepas hanya elemen saringan udaranya aja…itu tuh yang ada ada kertas saringanya. Sedangkan boknya masih terpasang dan tersambung ke karbu . Kalo masih tetap mau andalkan karbu standar maka saringan satndar masih dapat dipakai/dipasang tapi kertasnya di lubangi dibeberapa tempat, guntingin aja, palingan 3 lubang ukuran 0,5 x 4 cm (panjang x tinggi).
7. Potong kabel koil 2 cm (=ngurangin resistensi kabel sekitar 10%), Ingat masang kabelnya lagi harus bener2 kuat.
8. Ganti pake busi Iridium, hasilnya lumayan. Klo mau tetep pake busi standar juga gapapa, cuman atur lagi celahnya jadi 0,9 – 1 mm
9. Oli pake yang khusus motor (merek apa aja yang penting asli), trus pake yang 10/40.
10. Ganti knalpot free flow, agar tenaga makin kuat & g terasa tersumbat. Klo perlu gamti pelk model jari-jari, tujuanya agar beban motor berkurang alias motor lebih ringan.
11. Posisi as roda pada penyetel kekencengan rantai diusahakan pada posisi sedepan mungkin, klo perlu potong 2 mata rantainya. Keuntungannya, jarak poros roda depan belakang makin pendek jadi motor lebih lincah bermanuver..khasiat lainnya buat mengurangi bunyi-bunyian dirantai karena rantai beradu dengan lengan ayun.

13. Pulser digeser 1 ampe 2 mili…untuk majuin timing pengapian biar motor lebih galak, tapi jangan terlalu banyak, cari posisi yang paling sesuai.
14. Khusus untuk temen2 didaerah yang ramai dalam artian trek lintasan pendek2 yang mengakibatkan ga bisa leluasa pol gas di gigi 5 ato 6 ( Ato buat yang suka drag pendek 201m ) maka disarankan ganti gir depan pake yang 13 mata (standarnya 14 mata) bisa pake punya yamaha crypton ato F1ZR, hasilnya motor lebih narik lagi ampe gigi 6 sekalipun. Langkah ini tidak mengurangi Top Speed secara signifikan (lagian kan disaranin buat drag pendek 201m jadi ga pernah sampe top speed..hehe) malahan justru bikin motor lebih cepat menggapai top speed/akselerasi motor jadi lebih cepat.
Selain langkah-langkah diatas, bisa juga ditambah dengan pemakaian part-part racing seperti CDI, koil, noken as, seher, dan part-part racing lainya…
0 komentar:
Post a Comment